Manfaat Dari Propolis

Propolis digunakan untuk menangani penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung, sistem peredaran darah (anemia), mengatasi problem organ pernapasan, terutama yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, menjaga kesehatan gigi, menyembuhkan luka bakar, mengatasi infeksi di bagian lapisan permukaan jaringan mukus (rongga mulut), terapi kanker, memperbaiki serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, gangguan pencernaan, melindungi hati.

1. Sebagai Antibiotik

Berbagai komponen yang terdapat dalam propolis yang bersifat antibakteri, yaitu polyisoprenylated benzophenone, galangin, pinobanksin dan pinocembrin

Hasil penelitian yang dimulai Karimova sejak tahun 1975 terhadap Bacillus de koch dan kemudian diikuti peneliti-peneliti lain menunjukkan, propolis memiliki efek bakterisidal terhadap Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Streptococcus, Streptomyces, Streptomyces sobrinus, Saccharomyces cerevisiae, Escherichia coli, Salmonella dan Shigella, Giardia lambia, Bacteroides nodocuc, Klebsiella pneumoniae, selain itu juga efektif sebagai fungisida pada Candida albicans, Aspergillus niger, Botrytis conerea dan Ascosphaera apis.

Propolis lebih efektif bila diuji efeknya secara in vivo dibandingkan dengan in vitro. Hal ini disebabkan propolis bisa berfungsi sebagai imunostimulan, yang mrangsang fungsi berbagai organ dan menginduksi siste pertahanan tubuh.

Propolis mengakibatkan efek samping yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis antibiotik lain. Satu-satunya efek samping yang terjadi dan itu pun jarang, yaitu timbulnya reaksi alergi bila digunakan secara lokal. Efek samping tidak akan muncul bila propolis diberikan secara oral. Keunggulan lain dari propolis adalah tidak menimbulkan resisten layaknya penisilin. Bakteri ataupun virus tidak bisa menjadi kebal terhadap propolis.

Propolis memiliki selektivitas yang tinggi. Hanya membunuh kuman penyebab penyakit saja, sedangkan mikroba yang berguna seperti flora usus tidak terganggu oleh propolis. Zat aktif bersifat antibiotik yang terkandung dalam propolis adalah asam ferulat. Senyawa ini efektif mengahambat pertumbuhan bakteri gram positif dan negatif. Asam ferulat juga bersifat agglutinating (berperan dalam pembekuan darah) sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka.

Hasil penelitian di Cina membuktikan bahwa propolis memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Auerus, yaitu kuman pemicu gangguan pada gigi. Bakteri lain yang bisa dihambat pertumbuhannya oleh propolis yaitu beberapa species bakteri streptococcus penyebab karies gigi. Penelitian lain memaparkan bahwa propolis mampu menghambat pertumbuhan virus penyebab influenza.

Propolis bersifat antibiotik karena senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri dengan jalan menghancurkan dinding sel dan sitoplasma. Propolis juga bersifat bakterisidal terhadap berbagai jenis bakteri.

Propolis ternyata juga merupakan bahan ampuh antijamur. Lebah pekerja menggunakan propolis sebagai pelapis lubang-lubang sarang. Tujuannya supaya sarang bersifat steril.

2. Sebagai Antioksidan

Proses oksidasi di dalam tubuh tidak selalu menguntungkan. Proses ini bisa mempercepat penuaan, serta memicu peristiwa mutasi genetik alias perubahan sifat secara mendadak dan bersifat menurun. Berbagai kandungan di dalam propolis terbukti dapat mencegah timbulnya hal-hal itu. Flavonoid yang terkandung dalam propolis bersifat antioksidan. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan mengikis jumlah radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dan melindungi daya tahan tubuh. Flavonoid juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya degenerasi sel serta penuaan sel. Zat berkhasiat antioksidan lain yang terkandung di dalam propolis yaitu Caffeic acid phenethyl ester (CAPE)

3. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Zat aktif yang terkandung dalam propolis dan berperan menyembuhkan luka yaitu asam ferulat agglutinating. Zat tersebut berperan dalam proses pembekuan darah. Propolis memiliki kemampuan menstimulasi kinerja berbagai kelenjar. Akibatnya berbagai enzim bisa dihasilkan. Memperlancar pernapasan sel, sirkulasi atau metabolisme sel, mempercepat proses penyembuhan akibat luka bakar. Zat yang berperan dalam proses penyembuhan tersebut yaitu arginin.


=====================================

>>> Order Propolis Melia Nature, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Khasiat Propolis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>